Jenis Buah-buahan yang Aman Bagi Penderita Gangguan Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi di mana asam lambung mengalir naik ke sepanjang esofagus atau kerongkongan, yang dapat menyebabkan rasa terbakar di dada atau gejala lainnya. Dalam keadaan tertentu, setiap orang dapat mengalami kondisi ini. Refluks sering terjadi setelah makan, yang berlangsung dalam periode singkat dan bisa terjadi selama tidur.

Oleh karena itu, memilih makanan untuk orang dengan penyakit asam lambung menjadi sangat penting dan terkadang cukup membingungkan. Salah memilih makanan dapat membuat asam lambung meningkat dan penyakit asam lambung kambuh. Makanan seperti cokelat, makanan pedas, makanan berlemak, bawang bombai, dan bawang putih umumnya dapat menjadi pemicu gejala penyakit asam lambung.

Lalu bagaimana dengan buah-buahan? Apakah buah yang asam perlu dihindari supaya penyakit ini tidak kambuh? Untuk meluruskan hal ini, simak penjelasannya di bawah ini.

Buah untuk penyakit asam lambung yang harus dibatasi

Sebenarnya, buah-buahan sendiri tidak menyebabkan penyakit GERD atau naiknya asam lambung. Akan tetapi, bila Anda memang punya penyakit ini, sebaiknya batasi (bukan dihindari sama sekali) konsumsi buah-buahan seperti tomat dan jeruk. Pasalnya, buah-buahan ini bisa membuat gejala yang Anda rasakan tambah parah.

Tomat

Buah tomat mengandung sitrat dan asam malat yang dapat meningkatkan asam lambung. Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak tomat, asam tersebut dapat mengalir ke kerongkongan. Tidak ada alternatif lain, sebab ketika Anda menyajikan tomat dengan cara memanggangnya pun tidak akan mengurangi asam tersebut.

Buah-buahan citrus

Jeruk, lemon, jeruk nipis, serta jeruk bali adalah buah-buah yang termasuk dalam citrus. Menurut penelitian yang dimuat dalam Annals of Otology, Rhinology & Laryngology, bahwa membatasi asupan asam alias dietary acid dapat meredakan gejala asam lambung yang naik hingga masuk ke daerah laring, seperti batuk dan suara serak.

Buah untuk penyakit asam lambung yang baik dikonsumsi

Pisang

Pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH sekitar 4,5 hingga 5,2. Hal ini yang dapat menetralisir asam lambung dan membantu meringankan gejala. Pisang juga merupakan sumber kalium, serat, vitamin C, antioksidan dan fitonutrien. Serat pada pisang ini dapat memperbaiki sistem pencernaan dan mengurangi refluks.

Apel

Apel mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, D, dan B12. kalsium, besi dan megnesium juga dapat ditemukan dalam buah ini. Kandungan tersebut yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mengurangi refluks.

Semangka

Semangka mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A dan asam amino, serta kandungan air yang tinggi. Hal inilah yang membantu sistem pencernaan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semangka juga dapat mentralkan asam di perut serta mengurangi refluks.

 

obat diet alami, obat diet alami tanpa efek samping, obat diet dokter, obat diet cepat obat diet, obat diet herbal, obat diet ampuh, obat diet alami tanpa olahraga, obat diet cepat dan aman

 

Buah lainnya

Buah lainnya yang baik dikonsumsi untuk orang dengan refluks asam lambung antara lain pepaya, persik, melon, dan pir.

Perubahan gaya hidup

Selain daftar buah untuk penyakit asam lambung di atas, Anda juga harus menjaga pola makan yang baik untuk asam lambung. Anda juga dapat mengatur gejala dengan melakukan perubahan gaya hidup untuk menghindari naiknya asam lambung.

  • Hindari rokok dan minuman beralkohol.
  • Hindari berbaring setelah makan, setidaknya dua jam kemudian.
  • Hindari berolahraga atau beraktivitas berat tepat setelah makan, setidaknya tiga sampai lima jam kemudian.
  • Hindari makan dalam jumlah banyak dalam sekali makan. Butuh waktu setidaknya 20 menit bagi perut untuk memberikan sinyal kenyang ke otak. Oleh karenanya, kunyah makanan Anda secara perlahan-lahan dan menyeluruh untuk memudahkan lambung mencernanya. Makan terburu-buru cenderung membuat Anda makan terlalu banyak dan menelan terlalu banyak gas yang membuat perut kembung.
  • Jaga berat badan tetap ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
error: Content is protected !!